Kamis, 29 November 2012

TUAN Sebelum Tidur, Sudahkah Kamu?

Hidup itu indah..

Assalammu'alaikuuuummmm :D

"Mereka (para penghuni surga) tidak  mendengarkan kata yang sia-sia didalamnya melainkan kata salam (kata yang baik) dan untuk itu (pula) didalamnya mereka memperoleh rezeki di pagi dan petang". (Qs.Mayam : 62)

Betapa indahnya kata salam :D. Jadi,mari kita membiasakan diri mengucapkan salam! Hitung-hitung membiasakan diri menjadi penghuni surga. hehehe

Pagi ini kembali saya mendapatkan ide menulis, Alhamdulillah. Entah kenapa :D
Mungkin berkat doa dari orang tua, saudara dan para sahabat yang selalu mengingatkan dan berdoa agar saya menjadi lebih baik. :D Saya yakin itu :)

Pagi ini, seperti biasa, saya melawan kantuk saya untuk bangun dan beranjak dari kasur. Karena sudah kebiasaan saya tidur 8 jam sehari dan jujur saja ingin saya kurangi. hehehe Kenapa? bukan kah tidur itu harus 8 jam sehari? bukankah tubuh harus mendapatkan tidur yang cukup?. Ya, benar! tubuh kita punya hak untuk istirahat yang cukup. Nah, maslahnya adalah definisi kata cukup itu apa?? bukankah kebutuhan tidur orang itu berbeda-beda? bisa jadi si A tidur 5 jam sudah cukup si B tidur 10 jam pun masih kurang! hahaha. Benar-benar relatif!


Tapi tenang, alam ini sudah ada yang mengatur. Termasuk kinerja tubuh kita. :) Sudah ada Yang Maha Mengatur di 'Arasy sana. Allah SWT.

Jadi seberapa banyak kita tidur kalo menurut saya pribadi tidak perlu diperdebatkan. tegantung kebutuhan masing-masing. Jika merasa sangat capek yaaa bolehlah tidur agak sedikit lebih lama. Tapi jangan keterusan tidur 10 jam sehari, rugi!!!. Coba deh bayangin, anggap kita hidup sampai seusia Nabi Muhammad SAW, yaitu 63 tahun. Kita rata-ratakan tidur kita menjadi 10 jam sehari. 1 hari ada 24 jam, berarti untuk 1 tahun ada 365 hari. Maka untuk 1 tahun berarti 365 x 24 jam = 8.760 jam dan untuk 63 tahun brarti 63 x 8.760 jam = 551.880 jam kita hidup. Ternyata sebentar ya. Seperti firman Allah :

"Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari"
Qs. An-Nazi'at :46

 "Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahu"
 Qs. Al-Mu'minun : 14

 Nah, kembali ke laptop!
Jika kita tidur 10 jam sehari, maka itu artinya kita akan menghabiskan waktu untuk tidur sebanyak 229.950 jam!. Artinya lagiiii berarti kita bisa melakukan berbagai hal di dunia ini kira-kira hanya sekitar 321.930 jam saja! Makanya saya ingin mengurangi tidur. T___T dan Alhamdulillah masih sering gagal sampai sekarang. T_______________T

Kenapa saya menulis tentang tidur??
Ah.. jujur saja teman, saya merasa mengantuk sekarang. Menulis dalam keadaan mengantuk. hehehe

Kata nabi, orang yang paling cerdik itu adalah orang yang selalu mengingat mati. Dan mati itu bisa datang kapan saja. Dan kalo menurut saya, mati itu dekat sekali dengan tidur. Bedanya cuma 2, kalau tidur arwah masih dalam tubuh dan kita masih bernafas sedangkan mati tidak.

Kalau begitu adakah aturan tidur yang baik? yaaahhh mengingat tidur itu dekat dengan mati dan mati itu gatau datangnya kapan gitu.. hehehe

Tentu saja ada teman! :D

Dalam buku yang saya baca, ternyata tidur itu ada Tugas Pendahuluanya (TUAN, meminjam istilah pratikum yang sedang saya jalankan, SIMKOM!) hehehe

Wajibkah?

Tentu saja tidak! Islam itu tidak memberatkan, malah justru memudahkan. :D Misalnya nih, tiba-tiba kita disuruh menghadap ke Allah SWT ketika sedang tertidur pulas, nah, karena kita sudah melakukan TUAN yang disunahkan, InsyaAllah jalan kita ke sana dipermudah olehNya. :)

Apa saja kah bentuk TUAN-TUAN itu??

Ada banyak macamnya teman, kalau diterapkan semua malah lebih bagus! :D Biar kalo-kalo dipanggil pas lagi tidur ada bekalnya. Ga cuma modal muka bantal dan iler aja! hehehe

Menurut beberapa literatur yang saya baca, sunah sebelum tidur yaitu:

1. Berwudhu 
"Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Menutup pintu dan mematikan lampu
Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana makanan dan minuman.” (HR Bukhori-Muslim)

3. Membaca surah As-sajadah dan Al-Mulk atau Surah Al-Isro' dan Az-zumar
Tidaklah Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam tidur sampai beliau membaca alif lam mim tanzilus sajdah (surat As Sajdah) dan Tabarokalladzi biyadihil mulk (surat Al Mulk)” (HR Bukhari)

4. Solat witir
Kekasihku (Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam) berwasiat kepadaku dgn tiga perkara: berpuasa tiga hari pada setiap bulan, dua rakaat shalat dhuha, & shalat witir sebelum tidur.” (HR. Muslim)

5. Membaca Al-ikhlas, Al-fala1, an-naas
Aisyah radhiyallahu‘anha berkata, “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari)

5. Mengibaskan seprai 3 kali
Jika salah seorang dari kalian hendak berbaring di tempat tidurnya hendaklah dia mengambil kainnya & mengibas-ngibaskannya ke tempat tidurnya dgn membaca basmalah.” (HR. Al-Bukhari & Muslim dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

6. Tidur Menghadap sebelah kanan
Jika kamu hendak menuju ke tempat tidur, maka berwudhu’lah sebagaimana engkau berwudhu’ utk shalat, kemudian berbaringlah dgn bertumpu pada anggota badan yang kanan.” (HR. Al-Bukhari & Muslim)

7. Membaca Surah Al-kafirun
"Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam mengajarkan sahabat Naufal untuk membaca surat Al Kafirun sebelum tidur" (HR Abu Dawud, Ahmad, dan At Tirmidzi)

8. Membaca ayat qursi

9. Membaca beberapa zikir dan doa
“Bismikallahumma amuut wa ahyaa” (HR Bukhari)
“Allahumma qiini ‘adzabaka yauma tab’atsu i’badak” (HR Abu Dawud)
“Bismikarabbii wa dho’tu jambii wa bika arfa’uhu in amsakta nafsii farhamhaa wa in arsaltahaa fahfazhhaa bimaa tahfazha bihi ‘ibaadakasshaalihiin.” (HR Bukhori dan Muslim)

10. Membaca 2 ayat terakhir surah Al-baqoroh
sabda Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam Barangsiapa membaca dua ayat tersebut pada malam hari, maka dua ayat tersebut telah mencukupkan-nya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 11. Membaca tasbih, tahmid, takbir masing-masing 33x

Nah.. saya sendiri jujur saja belum menerapkan semuanya. hehehe dan semoga dengan saya tuliskan note ini saya diberikan Allah hidayahNya untuk melakukan semua apa yang saya tuliskan diatas :D aamiin
 

Mari sama-sama belajar untuk menerapkanya teman temaaannn!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan..