Rabu, 28 November 2012

Split Time, Apakah itu?



Hidup itu indah..
 
Demi masa
Sesungguhnya manusia itu dalam kerugian
Kecuali orang orang yang beriman dan beramal soleh dan berpesan dengan kebenaran dan berpesan dengan kesabaran 



Semua orang tentu sudah tak asing lagi dengan surat di atas, Surah Al-'Asr : 1-3 . Pasti sudah tahu dan hafal ayat pendek tersebut, ya kan? :D saya sendiri mulai suka sekali membaca surah tersebut ketika solat sejak beberapa bulan yang lalu. Karena saya merasa surah terbut bisa mengingatkan saya tentang betapa pentingnya waktu. Ibarat bom, beda sedetik saja akan memberikan cerita yang berbeda, apa lagi semenit boro-boro 1 jam! hehehe. Pernahkah teman-teman menonton film perang? nah biasanya, dikebanyakan film perang si tokoh utama berusaha menyelamatkan diri dari bom yang hampir meledak. Beda beberapa detik akan bisa menyelamatkan nyawa si tokoh utama tersebut.

Seperti itu jugalah waktu, sangat berharga. :) Andai saja kita bisa selalu menganalogikanya dengan bom. Seperti orang-orang bilang, yang membedakan antara orang sukses dan orang yang tidak sukses adalah bagaimana ia memanfaatkan waktunya dikala senggang. Jadi, kesuksesan adalah tergantung kualitas waktu yang kita gunakan.

Beberapa bulan yang lalu, saya membaca sebuah buku (maaf, judulnya saya lupa. karena sudah agak lama, hehe) yang intinya didalam buku tersebut mengajak si pembacanya menggunakan waktu sebaik mungkin dan menerapkan split time.

Nah, tahukah teman-teman apa yang dimaksud dengan spit time?? Split Time itu adalah sebuah cara pemanfaatan waktu luang. Misalnya, ketika sedang dalam perjalanan ke kampus, teman-teman bisa berjalan atau berkendara sambil berzikir loh! :D atau membaca Al-Baqiyatus solihat. :) atau jika teman-teman yang hobi membaca, bisa membawa buku kemanapun teman-teman pergi (termasuk ke toilet, hehehe) dan membaca buku tersebut ketika sedang senggang.

Itulah yang dinamakan dengan split time! pemanfaatan waktu luang. :)

Saya sendiri, semenjak membaca buku tersebut berusaha menerapkannya, seperti membaca buku ketika harus mengantri buat STNK, membaca ketika menunggu rapat lab, atau beristiqfar, bersyukur, dll ketika dalam perjalanan :D jadi mari kita coba terapkan bersama-sama. hehehe

Selalu, ketika melakukan sesuatu saya cenderung tertarik untuk mengetahui apa keuntungan yang akan saya dapatkan! hehe, efek orang padang kali yak?? jadi maunya untuuuuuunggg terus! *ups, maaf yang merasa orang padang.

Nah, jadi ketika kita membaca Al-Baqiyatus solihat itu , antaralain :
1. Dicintai Allah SWT
2. Dicintai Rasulullah SAW
3. Dilindungi malaikat
4. Dimintakan ampunan Allah SWT oleh malaikat
5. Diberikan pahala 1 pohon surga

Keren kan? :D hehe mungkin beberapa teman-teman masih ada yang ga tau apa itu Al-Baqiyatus solihat??

Al-Baqiyatus solihat itu adalah bacaan tasbih, tahmid, tahlil, takbir dan hawqolah digabung jadi 1 menggunakan konjungsi/kata hubung waw (kalo dibahasaIndonesiakan jadi "dan") :)

jadi, bunyi Al-baqiyatus solihat itu adalah

"SubhanaAllah, Walhamdulillah, WalaailaahaillAllah, WaAllahhuakbar, Laahaula Wala Quwata Illaabillahil'aliyyiladziim".

yang artinya : "Maha Suci Allah dan Segala puji hanya bagi Allah dan tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar dan Tiada kemampuan dan kekuatan melainkan yang berasal dari Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung".

Karena Maha Baiknya Allah, jika dibaca satu persatu pun masih akan mendapatkan keuntungan, seperti :

1. Membaca tasbih, tahmid, tahlil atau takbir adalah sedekah
2. Jika membaca tasbih, atau takbir, atau tahlil, maka Allah SWT akan menuliskan 20 kebaikan dan akan menghapuskan 20 keburukan.
3. Jika membaca tahmid, sebagi ungkapan syukur atas nikmat Allah SWT, maka Allah SWT akan menuliskan 30 kebaikan dan akan menghapuskan 30 keburukan.
4. Pahala membaca tasbih akan mengisi separuh timbangan. Pahala membaca tahmid akan memenuhi seluruh langit dan bumi :D

Tidak hanya itu loh teman-temaaaaannnn :D

jika kita membaca "SubhanaAllahi Wabihamdih" sebanyak 100 kali dalam 1 hari, maka akan diampuni dosanya dan dituliskan 1000 kebaikan oleh Allah loooh :D Maha Baik kan? :')

dan jika bacaan "SubhanaAllahi Wabihamdih" ditambah dengan "SubhanaAllahil adzim" maka Allah akan memberatkan timbangan amal kita. :)

Ketika kita memca "Astaqfirulloh hal'adzim", Rasulullah menjelaskan fadilahnya, yaitu :
1. Mendapatkan ampunan Allah SWT
2. Menenangkan diri ketika marah
3. Mendapatkan jalan keluar dari kesusahan dan kesempitan
4. Mendapatkan rezeki yang tidak terduga
5. Mendapatkan buku catatan amal yang menggembirakan di hari akhir.

nah teman-teman, sudah tau kan apa keuntungan dari menerapkan SPLIT TIME?? :D jadi ayoooo kita sama-sama belajar menerapkan nya! heheeheheh

 

SMANGAT pagi! salam hangat mentari.....\(- ^o^-)/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan..